;

Sabtu, 02 Juni 2012

Panduan Lengkap Photoshop bab 4

Sabtu, 02 Juni 2012


Panduan Lengkap Photoshop bab 4

panduan lengkap photoshop
adobe photoshop logo Panduan Lengkap Photoshop bag 4
adobe photoshop
Seperti janji saya kemarin pada panduan lengkap photoshop pada pembahasan tentang clone stamp tool dan lain-lain, kali ini saya akan menjelaskan tentang panduan lengkap photoshop bagian brush tool dan quick mask. Oke, langsung saja kita menuju ke materinya.
  1. Brush Tool.
Brush tool digunakan untuk melukis gambar. Cara menggunakannya cukum mudah yaitu kita hanya cukup menggoreskannya ke tempat yang kita inginkan. Warna yang digunakan pada brush mengikuti warna dari foreground. Warna default dari foreground adalah hitam dan warna background putih. Cara memilih warna pada foreground cukup mudah. Kita hanya tinggal mengklik foreground, lalu pilihlah warna yang kita inginkan.
Cukup mudah kan? Anda bisa mempraktekkannya. Atau jika anda ingin memiliki brush yang bervariasi, anda bisa melihat di option bar dari brush. Anda bisa menemukan berbagai pola goresan dari brush tool. Jika masih kurang, anda bisa menambahkannya dengan cara mendownload brush untuk photoshop di internet dan memasukkannya ke dalam photoshop.
  1. Quick Mask.
Quick mask berguna untuk melindungi objek yang kita beri mask. Namun, pada prakteknya justru malah digunakan untuk memilih daerah yang akan diedit. Langkah untuk masking adalah sebagai berikut:
  1. Pertama, buka gambar yang akan kita masking melalui File > Open. Jangan lupa duplicate image dan close image yang aslinya agar gambar asli tak rusak.
  2. Pastikan warna dari foreground dan background adalah default yaitu berwarna hitam untuk foreground dan putih untuk background.
  3. Klik brush tool pada toolbox. Lalu tekan Q pada keyboard.
  4. Goreskan pada objek yang kita inginkan. Jika sudah, tekan tombol D untuk mengakhiri quick masking atau tekan kembali tombol Q. Maka akan ada seleksi yang mengelilingi objek yang kita tadi goreskan.
  5. Namun perlu diingat. Jika kita melakukan Quick Masking, sebenarnya yang terseleksi bukanlah gambar yang kita pilih, namun yang terseleksi adalah gambar diluar yang kita pilih. Untuk itu, kita perlu membalik seleksi.
  6. Untuk membalik seleksi, kita masuk ke menu Select, lalu pilih Inverse. Atau jika ingin cepat, tekan tombol Shift + Crtl + i
  7. Maka gambar yang kita pilih sudah terseleksi dengan benar. Kita bisa mewarnai gambar yang kita seleksi. Caranya, klik pada menu image, lalu pilih Adjustment. Pilih Hue / Saturation.
  8. Centang kotak colorize, lalu atur berapa besar hue, saturation, dan lightness dengan cara menggeser slidernya. Gunakan kreatifitas anda dalam berkarya.
  9. Jika sudah, klik OK. Maka gambar akan berubah warna.
Itulah panduan lengkap photoshop untuk materi brush tool dan quick masking. Pada postingan selanjutnya, saya akan menjelaskan tentang tips dan trik menggunakan layer mask dan channel mask. Dari saya ada sedikit tips untuk menjadi desainer yang handal. Jadilah seorang yang rendah hati dalam bekerja. Jika anda ingin menjadi desainer yang handal, sering-seringlah mencoba hal yang baru di dalam hidup anda. Anda akan menemukan sesuatu yang mungkin bisa anda jadikan inspirasi untuk membuat desain tertentu. Jangan malas untuk mencoba hal yang kita kurang paham. Jangan mudah untuk menyerah. Kreatifitas sebenarnya tak ada batasannya. Jadi, bagi anda yang ingin mengetahui panduan selanjutnya, silakan datang ke blog saya. Jika ada pertanyaan seputar photoshop, silakan isikan komentar anda pada kotak dibawah postingan. Saya akan menjawab pertanyaan anda secepatnya. Semoga bermanfaat.

TULISAN BERJALAN INI SILAHKAN DIISI DENGAN PESAN ANDA

NAMA ANDA - 23.16
MASUKKAN TOMBOL TWEET DISINI

LIKE This !